Minggu, 22 Juni 2014

Sejarah dan Arti Dibalik Logo Starbucks

First of all, let me introduce myself. Namaku Roby Mauliza. Aku salah satu mahasiswa angkatan 2013 Universitas Sumatera Utara, jurusan Sastra Inggris. Aku berasal dari Pekanbaru-Riau. Yaah, anak rantauanlah istilahnya...

Aku adalah penggemar coffee, bahkan bisa disebut 'penggila'. Terutama coffee Starbucks asal Amerika Serikat ini. Pertama kali aku mengenal Starbucks Coffee yaitu ketika aku duduk dikelas 5 SD. Dan kali pertama aku mencicipi Starbucks Coffee itu di Kuala Lumpur, Malaysia. 

Nah sekarang aku bakal nyajiin sejarah dan arti dari logo mereka nih.. Check it outt!!

Starbucks Corporation merupakan perusahaan kedai kopi terbesar di dunia yang berasal dari Amerika. Starbucks Coffee pertama kali di buka di Seattle pada 1971 oleh Jerry Baldwin, Zev Siegel dan Gordon Bowker dengan nama II Giornale. Nama Starbucks pun terbentuk pada tahun 1987, ketika Starbucks dijual pada Howard Schultz. Dengan perjalan waktu puluhan tahun tersebut, saat ini Starbucks memiliki lebih dari 15.000 kedai kopi yang tersebar di lebih 44 negara.

Starbucks Coffee telah melakukan empat kali penggantian logo, yaitu pada tahun 1971, 1987, 1982 dan awal tahun 2011. Logo Starbucks itu sendiri menggambarkan Dewi Syren yaitu Dewi Penggoda. Dalam mitologi Yunani, Syren adalah ikan duyung berekor kembar yang suka menngoda para pelaut. Hal ini mempunyai makna bahwa nantinya Starbucks Coffee dapat  menarik perhatian konsumen.

Logo ini sendiri dipilih karena nama Starbucks berasal dari cerita Kapten Ahab yang berpetualang di lautan lepas, sehingga pemilihan Syren ini dirasa tepat dan ada keterkaitannya. Logo Starbucks yang memperlihatkan sebuah brand hijau dengan dua bintang dan memperlihatkan duyung Syren yang memakai tiara atau mahkota. Hal ini agak kontroversial namun menarik dan mudah diingat untuk dikenal di seluruh dunia.

Pergantian Logo Starbuks Coffee
Pada tanggal 8 Maret 2011, Starbucks merayakan ulang tahunnya yang ke 40. Perayaan ulang tahun Starbucks ini diikuti dengan peluncuran logo Starbucks yang baru. Lingkaran luar pada logo lama yang bertuliskankan “Starbucks Coffee” di dihilangkan. Logo terbaru Starbucks Coffee saat ini hanyalah gambar duyung Syren yang diperbesar dengan dominasi warna hijau dan menjadi tokoh sentral logo baru tersebut. Eksekutif Starbucks mengatakan, logo yang didesain oleh tim internal itu akan muncul pertama kali pada produk-produk kertas pembungkus seperti gelas dan lap pada bulan Maret, dan secara bertahap untuk seluruh produk di kemudian hari.
 

Repositioning
Kata “Coffee” pada logo sebelumnya adalah masalah utama, hal ini dikarenakan Starbucks Coffee ingin memperluas pasar, tidak hanya menjual kopi berkualitas tinggi. Starbuks akan menambah variasi produk F&B sehingga menjangkau market lifestyle seperti menjual jenis minuman lainnya yang tidak mengandung kopi dan juga makanan kecil pendamping. Inovasi ini untuk memperkuat posisi mereka di industri kopi sekaligus ingin menonjolkan visi mereka terhadap produk yang berkualitas walaupun tanpa nama tercantum di logonya dan dengan logo terbaru starbuks ini akan memberikan kesan yang sama terhadap brand-brand besar yang ada di Amerika. Seperti nike dengan simbolnya “ceklis”, apel “kroak” dari Apple Inc. Karena akan di perkirakan gambar siren ini akan memorable dengan logo-logo terkenal itu. dan dapat di asumsikan bahwa konsumen sudah sangat familiar dengan identitas asli starbuks tanpa perlu membaca merknya. Mengingat starbuks sudah menginjak usia 40 tahun. Dengan perubahan logo starbuks ingin membuktikan Kesuksesan starbucks bukan menempel pada logonya tapi pada kualitas yang menempel pada produknya sesuai dengan logo barunya yang lebih menonjolkan filosofi tersebut.
Namun hal ini memberikan pro dan kontra terhadap konsumen loyalnya.


Beberapa Pro dan Kontra Pergantian Logo Starbuks 2011

Setuju
Tidak Setuju
Tidak mempermasalahkan perubahan logo Starbucks, yang penting cita rasanya tidak berubah
Beberapa orang memilih menggunakan logo yang lama
Logo yang baru lebih modern
Lebih retro
Lebih mengeneralisasi
Border lingkaran memberikan kesan unity & solid
Bagus logo barunya, lebih memorable dan catchy
Menururt masyarakat untuk orang yang belum tahu tentang Starbucks, tentu akan bingung ketika melihat logo Starbucks yang baru dan tidak tahu logo itu berjualan apa

“Saya kira ini agak gila. Apa yang akan terjadi — kopi yang sebelumnya dikenal sebagai Starbucks?” ujar James Gregory, CEO konsultan brand terkemuka, CoreBrand.Sejumlah ahli brand terkemuka mempertanyakan apakah pergantian logo itu sebagai langkah yang cerdas.
Komentar lain “ ”I have been a big supporter of (Starbucks) since the early days, taken expensive rides in taxis to get my morning coffee, even waded through two feet of snow in my business suit … but I do not see the logic of your Business Development folks for the removal of the Starbucks name.”

Namun Chief Eksekutifve Howard Schultz  menjelaskan bahwa “”Even though we have been, and always will be, a coffee company and retailer, it’s possible we’ll have other products with our name on it and no coffee in it,”.

Opini masyrakat terhadap perubahan logo starbuks
Starbucks fanatik tidak terkesan dengan penggantian Logo,  ada sekitar 156 Komentar pada situs perusahaan yang meminta agar nama perusahaan Starbucks Cofee diaktifkan kembali
  • “Siapa orang bodoh di departemen marketing yang telah menghilangkan nama terkenal ‘Starbucks Coffee’ dari logo baru Anda? Kartu emas pengguna ini sama sekali tidak mengesankan,” ujar seorang konsumen yang menggunakan identitas MimiKatz.
    • “Kalau tidak menampilkan merek, bagaimana mereka bisa berkomunikasi dengan konsumen atau membuat siaran pers misalnya,” ujar Rhenald, satutobing
    • Hal ini akan baik dalam globalisasi, terutama untuk pasar yang tidak menggunakan huruf latin seperti Negara Arab, Cina, Jepang, dan negara-negara yang menggunakan huruf Cyrillic. Karena tidak perlu merubah tulisan “Starbucks” yang ada pada logo sebelumnya. Tapi, tentu saja brand awareness harus sudah tinggi. Jika tidak, maka resikonya adalah, orang awam akan bingung dengan logo itu.
Treath
  • Banyak perusahaan kopi yang meniru logo strabuks untuk mendongkrak popularitas.
  • ada kemungkinan 5-10 tahun mendatang   dengan tidak adanya tulisan merk (strabuks) orang-orang tidak tahu dengan logo seperti itu, berjualan di bidang apa.


Dan berikut adalah daftar menu dan harga Starbucks Coffee terbaru :
Frappuccino 

Blended Coffe :
Caramel 38 43 46 
Espresso 38 43 46 
Asian Dolce 38 43 46 
Caramel Coffee Jelly 44 49 52 
Dark Mocha 40 44 48 
Java Chip 40 44 48 
Mocha 38 43 46 
Vanilla 38 43 46 

Blended Cream :
Green Tea Cream 41 47 53 
Chocolate Chip Cream 40 44 48 
Caramel 38 43 46 
Vanilla / Hazelnut 38 43 46 

Blended Juice Cream :
Raspberry Black Currant Juice 33 38 41 
Mango Passion Fruit Juice Drink 33 38 41 

Tea :
Full-Leaf Brewed Tea 18 20 22
Green Tea Latte 37 43 48 
Chai Tea Latte 36 40 45
Vanilla Black Tea Latte 36 40 45
Iced Shaken Lemon Tea 29 31 33

Chocolate :
Signature Chocolate 37 41 46
Caramel Signature Chocolate 42 46 51 
Hazelnut Signature Chocolate 42 46 51 

Espresso & Coffee :
Caffe Latte 30 34 38 
Cappuccino 30 34 38 
Caffe Mocha 36 41 46 
Ristretto Bianco 35 39 43 
Asian Doles Latte 36 41 46 
Caramel Macchlato 40 45 51 
White Chocolate Mocha 36 41 46 
Iced Caramel Coffee Jelly Latte 41 45 49 
Double Shots Iced Shaken Espresso (hanya ada satu yaitu ukuran Full) 38.5
Caffe Americano 22 25 29 
Brewed Coffee 18 20 22 
Caffe Misto 21 25 28 

Tea : 
Full-Leaf Brewed Tea 18 20 22 
Green Tea Latte 37 43 48 
Iced Shaken Lemon Passion Tea 29 31 33 
Iced Shaken Lemon Zen Tea 29 31 33

Keterangan:

Angka pertama adalah ukuran Tall
Angka kedua adalah ukuran Grande
Angka ketiga adalah ukuran Venti

Angka adalah harga dalam satuan Rupiah .000,-

Untuk bergabung dimember Starbucks Coffee silahkan klik link https://www.starbucks.com/account/signin
Untuk mendapatkan menu lebih banyak dan menarik, silahkan klik link http://starbuckssecretmenu.net/

Sekian infonya dan semoga bermanfaat.Enjoy your coffee ^^